Akibat GLOBAL WARMING, Beberapa Pulau Terancam Tenggelam

Senin, 22 Juni 2009

Akibat pemanasan global, permukaan laut Indonesia naik 0,8 cm per tahun dan berdampak pada tenggelamnya pulau-pulau nusantara hampir satu meter dalam 15 tahun ke depan. Demikian Deputi Menteri Lingkungan Hidup bidang Konservasi SDA dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan, Masnerliyati Hilman."Indonesia sebagai negara kepulauan menjadi pihak yang sangat merasakan dampak pemanasan global ini perlahan tetapi pasti akan merasakan dampaknya.

Dampak lain dari pemanasan global adalah terjadinya pergeseran iklim dari yang seharusnya Juni 2007 sudah musim kemarau, Kalimantan dan Sumatra malah masih mengalami banjir besar dan bulan September yang seharusnya sudah dimulai musim hujan bergeser mulai November.

Namun dikhawatirkan akan ada pulau-pulau berpenghuni di Indonesia yang tenggelam sebagai dampak dari pemanasan global pada 2025, yang salah satu gejalanya, semakin tinggi permukaan laut.Saat ini Indonesia memiliki 17.560 pulau, sebagian dari pulau itu tidak berpenghuni.Pulau Maladewa di India, Vanwatu dan beberapa pulau lainnya juga dikuatirkan akan mengalami nasib yang sama akibat pemanasan global.

Data dampak pemanasan global lainnya misalnya mencairnya glasier di pegunungan Himalaya, meningkatnya frekuensi badai di Kepulauan Pasifik Selatan, pemutihan karang secara massal dan berdampak pada kematian di Great Barrier Reef Australia, berkurangnya persediaan air bersih di sungai Mekong dan lain-lain.

Indikasi pemanasan global lain yang begitu jelas dirasakan misalnya kenaikan suhu yang ekstrem beberapa waktu belakangan ini misalnya suhu di Kalimantan yang biasanya sekitar 35 derajat Celcius naik menjadi 39 derajat Celcius.Di Sumatra, tambahnya, yang biasanya berkisar pada 33-34 derajat naik menjadi 37 derajat, dan di Jakarta yang biasanya 32-34 naik menjadi 36 derajat Celcius.

Dari pengalaman tersebut Indonesia masih memiliki cukup waktu untuk mengantisipasi fenomena alam tersebut dengan melakukan hal yang paling mudah yaitu menyelamatkan hutan.penyelamatan hutan penting di lakukan sebagai bagian dari upaya dunia internasional mengantisipasi semakin parahnya efek pemanasan global yang kini melanda seluruh dunia.

Perasaan was-was tentunya selalu menghinggapi penghuni pulau-pulau kecil di sekitar Samudera Pasifik. Bagaimana tidak, pulau mereka kerap terancam tenggelam lantaran ketinggian daratannya maksimal 12 meter.Negara-negara yang ada di kepulauan Samudera Pasifik kerap disebut sebagai Benua cair. Ancaman tenggelam itu ditengarai dampak pemanasan global. Masyarakat di Benua Cair pun menuding negara-negara maju sebagai penyebabnya.

Pulau-pulau di Samudera Pasifik itu antara lain Kibiati, Samoa, Tonga, dan Fiji. Sedangkan negara-negara kecil di wilayah itu antara lain Tuvalu, Republik Marshal Island, dan Kiribati.Pulau-pulau tersebut sangat kecil, tingginya maksimal 12 meter dari permukaan air laut. Malah Tuvalu tinginya hanya 1,83 meter, dan kiribati memiliki ketinggian 2 meter dari permukaan laut.

Alhasil kepulauan tersebut rawan tenggelam, apalagi jika terjadi badai yang mengakibatkan pasang.Di Samoa yang berpopulasi 178 ribu orang, jika pemanasan global dan badai terjadi, maka pulau di samoa akan tenngelam. Saat banjir akibat air laut pasang, terkadang air tanahnya bercampur garam. Sebagian lingkungannya pun terendam air laut sehingga aktivitas ekonomi warga terhenti.

Pemanasan global itu akibat meningkatnya kegiatan manusia yang terkait dengan penggunaan bahan bakar fosil, kegiatan melepas emisi (efek rumah kaca) dan menyebabkan tertahannya radiasi matahari dalam atmosfer bumi ditambah lagi dengan penebangan hutan.Salah satu penyebab pemanasan global dikarenakan keseimbangan alam terganggu akibat ulah manusia sehingga menyebabkan gas karbon (Co2) semakin tebal menyelimuti bumi.

Comments

One response to “Akibat GLOBAL WARMING, Beberapa Pulau Terancam Tenggelam”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

masalahnya ekonomi harus berkembang dan utk itu perlu mengeruk SDA, itulah mengapa masalah global warming gak selesai2...

Posting Komentar

 
Blogger Template Design By LawnyDesigns Powered by Blogger